Strategi Public Relations Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik dalam Membangun Current Image Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat

Rafi, Iqbal (2024) Strategi Public Relations Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik dalam Membangun Current Image Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER-DAFTAR ISI IQBAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Wm selesai.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WM.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA WM.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI IQBAL RAFI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penghargaan yang di raih Diskominfotik Provinsi Sumatera Barat dalam pelayanan publik tahun ke tahun selalu meningkat mulai dari tahun 2021-2023 yang mana Diskominfotik Provinsi Sumatera Barat meraih peringkat 6 dari 38 provinsi serta meraih penghargaan sebagai provinsi Terinovatif dalam gelaran IGA (Inovative geovernment Award). tahun 2023. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti apa strategi Public Relations Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik dalam membangun Curren Image Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (Research, Action, Communications, Evaluation). Dinas Komunikasi Informasi dan statistik dalam membangun current Image Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Strategi Public Relations Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik dalam membangun Current Image Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat Menggunakan model RACE (Research, Action, Communications, Evaluation). Temuan menunjukkan bahwa Diskominfotik memulai perencanaan strategis dengan mengidentifikasi isu-isu strategis nasional dan daerah, serta menyusun program kerja sesuai dengan RPJM. Dalam pelaksanaannya, Diskominoftik memanfaatkan berbagai platfrom media sosial dan website resmi untuk menyebarkan informasi, serta menjalin kerja sama dengan media melalui jumpa pers dan pelatihan jurnalis. Evaluasi terhadap strategi dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas dan melakukan penyesuaian berdasarkan feedback dari masyarakat dan pemangku kepentingan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan sistematis dan kolaboratif yang diterapkan oleh Diskominoftik berhasil mendukung citra positif dan responsif dari pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Public Relations, Diskominfotik
Subjects: Tajuk Subjek > Teknologi, Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu Berkaitan > Manajemen Umum > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Aug 2024 21:47
Last Modified: 29 Aug 2024 21:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item