Zhafira, Athalya Dian (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan pada Komunitas UMKM Ammak Preneur Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover dll)
Athalya Dian Zhafira-2012010007-Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
bab 1 revisi fix sudah wm.pdf - Published Version Download (399kB) |
|
Text (BAB III)
bab 3 revisi fix sudah wm.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V - DAFPUS WM.pdf - Published Version Download (398kB) |
|
Text (fulltext)
Athalya Dian Zhafira-2012010007-Fulltext 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh komunitas UMKM Ammak Preneur dalam menghadapi persaingan. Latar belakang penelitian ini didasari dengan banyaknya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumatera Barat, khususnya di Bukittinggi, menghadapi berbagai tantangan dalam memasarkan produk mereka. Salah satu permasalahannya adalah lemahnya inovasi pemasaran dan produk. Hal ini menyebabkan banyaknya UMKM yang tertinggal dalam persaingan dan mengalami penurunan omzet penjualan. Untuk mengatasi hal tersebut, para pelaku UMKM di Bukittinggi bergabung dengan komunitas UMKM Ammak Preneur. Dari komunitas inilah membantu para anggotanya meningkatkan strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan usaha mereka. Hal tersebutlah yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh anggota komunitas UMKM Ammak Preneur dalam menghadapi persaingan di kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh komunitas UMKM Ammak Preneur Bukittinggi dalam menghadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan objek yang terkait. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat tiga strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh anggota komunitas UMKM Ammak Preneur yaitu (1) strategi periklanan yang dilakukan oleh anggota komunitas UMKM Ammak Preneur adalah dengan menggunakan media sosial, e-commerce, sponsorship, endorsement. (2) strategi pemasaran langsung yang dilakukan anggota komunitas UMKM Ammak Preneur yaitu dengan memasarkan produk mereka secara langsung di toko dan dengan sistem konsinasi atau sistem titip. (3) strategi promosi penjualan yang dilakukan oleh anggota komunitas UMKM Ammak Preneur yaitu dengan memberikan diskon, sampel gratis, dan promo menarik dan mengadakan bazar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, komunikasi pemasaran, UMKM |
Subjects: | Tajuk Subjek > Teknologi, Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu Berkaitan > Manajemen Umum > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 31 Aug 2024 07:46 |
Last Modified: | 31 Aug 2024 07:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21802 |
Actions (login required)
View Item |