Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas IV SDN 37 Anduring Padang

Pitri, Ayu Kelani (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas IV SDN 37 Anduring Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAFTAR ISI)
SKRIPSI AYU KELANI PITRI COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB I AYU.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI AYU BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika yaitu rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik, disebabkan karena pendidik masih menggunakan pembelajaran konvensional dan pendidik jarang menggunakan model pembelajran yang memperhatikan perbedaan individual baik kemampuan, minat dan gaya belajar peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Peneliti menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequifalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 37 Anduring Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan treatment uji-t dan uji N-Gain menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 56,36, sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kelas eksperimen adalah 77,73 dan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 48,63, sedangkan nilai post-test kelas kontrol adalah 63,63. Berdasarkan output menggunakan t_Test: paried two sample for means diperoleh nilai t_hitung 2,77 > t_tabel 1,68 dan berdasarkan hasil output uji N-Gain diperoleh nilai 163 > 1. Maka sesuai dasar pengembalian keputusan dalam t_Test: paried two sample for means dan uji N-Gain, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas IV SDN 37 Anduring Padang dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik daripada pembelajaran konvensional”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, literasi numerasi, sekolah dasar
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Aug 2024 07:21
Last Modified: 31 Aug 2024 07:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21789

Actions (login required)

View Item View Item