pranata, wawan (2024) penerapan media pembelajaran kamido. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
bab 1 wawan.pdf - Published Version Download (700kB) |
|
Text (bab 3)
bab 3 wawan.pdf - Published Version Download (942kB) |
|
Text (bab 5)
bab 5 wawan.pdf - Published Version Download (862kB) |
|
Text (cover-lampiran)
cover- lampiran full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran kewarganegaraan di MIS Al-Wahid Kajai. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik yang masih di bawah Kkm. Sebagian besar peserta didik masih kurang minat dalam menjalani pembelajaran kewarganegaraan. Agar mengalami peningkatan aktivitas belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar kewarganegaraan peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 peserta didik terdapat 3 peserta didik atau 37,5% yang berada dibawah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media Kantong Misterius Doraemon. Tujuan dari penulisan Skripsi yaitu untuk menerapkan media pembelajaran Kamido (Kantong misterius Doraemon) terhadap pengingkatan aktivitas peserta didik pada pembelajaran kewarganegaraan kelas IV Di MIS Al-Wahid Kajai, Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Quaisy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas kelas IV A Dan IV B sebanyak 40 peserta didik. Pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan sampling jenuh. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IVB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis menggunakan spss 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen atau kelas literasi budaya 84,375%. Berdasarkan uji hipotesis dengan spss versi 20 diperoleh signifikan dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar=0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan HO yang berbunyi tidak dapat diterapkan media pembelajaran Kamido (Kantong Misterius Doraemon) terhadap pengingkatan aktivitas peserta didik ditolak dan Ha diterima, yang artinya dapat diterapkan media pembelajaran Kamido (Kantong Misterius Doraemon) terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan, media pembelajaran, kamido |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:29 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21735 |
Actions (login required)
View Item |