Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Quick on The Draw dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP PGAI Padang Tahun Ajaran 2017/2018

M. Iqbal Mayudi, Iqbal Mayudi (2018) Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Quick on The Draw dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP PGAI Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
COVER, PB. DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

M. Iqbal Mayudi : Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Quick on The Draw dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP PGAI Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP PGAI Padang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe quick on the draw dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP PGAI Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui aktivitas peserta didik kelas VII SMP PGAI Padang pada pembelajaran matematika yang diajar dengan strategi belajar aktif tipe quick on the draw. (2) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP PGAI Padang yang diajar dengan strategi belajar aktif tipe quick on the draw lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik kelas VII SMP PGAI Padang yang diajar dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini termasuk penelitian Quasy Eksperiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Peserta didik kelas VII SMP PGAI Padang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling terpilih peserta didik, kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada 23 Januari sampai 9 Februari 2018 di SMP PGAI Padang. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik dengan penerapan strategi belajar aktif tipe quick on the draw lebih tinggi dari pada pembelajaran biasa di kelas VII SMP PGAI Padang. Setelah dilakukan proses pembelajaran pada kelas sampel maka dilakukan tes akhir guna melihat hasil dari perlakuan yang diberikan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapat aktivitas peserta didik setelah diterapkan strategi belajar aktif tipe quick on the draw mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai VI. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 75,26 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 63,85. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (2,81 > 1,68) dengan taraf kepercayaan 95%, maka hipotesis diterima, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan strategi belajar aktif tipe quick on the draw lebih tinggi dari peserta didik yang diajar dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Tadris Matematika tmtk
Date Deposited: 09 May 2018 07:31
Last Modified: 04 Dec 2018 04:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item