Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Deposito iB Hijrah Mudharabah Bank Muamalat KC Padang

Adwi, Ganesha (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Deposito iB Hijrah Mudharabah Bank Muamalat KC Padang. TA thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover - Daftar isi 2116020017.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 (2116020017).pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 (2116020017).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text 2116020017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V ganesha.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Deposito iB Hijrah Mudharabah Bank Muamalat KC Padang." Tugas akhir ini ditulis oleh Ganesha Adwi Rivanza 2116020017, Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat nasabah dalam menggunakan produk deposito iB hijrah mudharabah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan nasabah terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait, termasuk marketing hajj & funding dan nasabah Bank Muamalat KC Padang. Hasilnya menunjukkan untuk meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan produk deposito iB hijrah mudharabah Bank Muamalat KC Padang menggunakanstrategi marketing mix 4p yaitu, Product (Produk) Bank Muamalat KC Padang dalam memasarkan produknya lebih melihat keunggulan dari produk tersebut, keunggulan dari produk terssebut yaitu tidak adanya biaya penalti saat nasabah ingin mencairkan dananya sebelum jatuh tempo. Price ( Harga) Bank Muamalat mempunyai nominal dana yang rendah yaitu 5.000.000 dan bagi hasil yang bervariasi seperti nisbah konter yaitu bagi hasilnya 50% untuk nasabah dan 50% untuk bank, selain nisbah konter juga terdapat nisbah spesial (nego) dimana nasabah bisa nego nisbah yang awal mulanya 60% untuk nasabah dan 40% untuk bank menjadi 70% untuk nasabah dan 30% untuk bank. Place (Tempat) Bank Muamalat memiliki tempat yang strategis dan mudah dijangkau dari tempat usaha dan rumah-rumah masyarakat karena berada di pusat kotasehingga memudahkan akses nasabah untuk ke bank, selain itu dilokasi tersebut juga terdapat mesinATM. Dan Promotion (Promosi) promosi yang dilakukan Bank Muamalat KC Padang adalah dengan melakukan pemasaran langsung kepada nasabah/instansi- instansi seperti yayasan pendidikan ADZKIA serta menggunakan promosi melaluimedia periklanan seperti mobile banking dan layar mesin ATM. Kata Kunci : Srategi Pemasaran, Minat Nasabah, Produk Deposito

Item Type: Thesis (TA)
Uncontrolled Keywords: Srategi Pemasaran, Minat Nasabah, Produk Deposito
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:02
Last Modified: 10 Sep 2024 04:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item View Item