Fauzi, Rahmat (2024) Impression Management Ustadz Dennis Lim dalam Berdakwah di TikTok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover - Daftar Isi)
Rahmat Fauzi_2012010018_Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Rahmat Fauzi_2012010018_BAB I .pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text (BAB III)
Rahmat Fauzi_2012010018_BAB III.pdf - Published Version Download (568kB) |
|
Text (BAB V)
Rahmat Fauzi_2012010018_BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (FullText)
Rahmat Fauzi_2012010018_FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Hadirnya media sosial menjadi lahan subur untuk menyiarkan ajaran agama, termasuk agama Islam. Melalui media sosial, setiap orang memungkinkan untuk mengkonstruksikan atau merepresentasikan diri sesuai dengan yang digunakan dengan tingkatan yang berbeda, tak terkecuali bagi kreator dakwah. Salah satunya yaitu pendakwah muda bernama Koh Dennis Lim yang aktif menggunakan media sosial sebagai media dalam berdakwah, yaitu TikTok, melalui ceramah yang disampaikan dengan penampilan dan peran yang dibawakan di video unggahannya. Penelitian ini berusaha untuk menjawab bagaimana taktik pengelolaan kesan Koh Dennis sebagai kreator dakwah melalui media sosial TikTok @kohdennislim ditinjau dari teori pengelolaan kesan impression management yang diperkenalkan oleh Jones & Pittman meliputi ingratiation, intimidation, self promotion, exemplification, serta supplication. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian content analysis, pilihan ini disebabkan karena tahapan penelitian melalui pengumpulan data-data berupa perkataan yang dinyatakan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian menunjukkan impression management Ustadz Dennis Lim dalam berdakwah di TikTok menurut teori Jones dan Pittman. Secara keseluruhan, Dennis Lim membangun presentasi dirinya sebagai sosok pendakwah yang kompeten dan kredibel, melalui strategi pengelolaan kesan, yakni ingratiation, self promotion, exemplification, serta supplication. Ingratiation menampilkan sosok Dennis Lim sebagai sosok yang hangat, peduli, ramah, penuh cinta dan kasih, serta dapat dipercaya. Pada self promotion menunjukkan agar terkesan terlihat kompeten dengan menampilkan kapabilitas di suatu bidang dengan menunjukkan aspek-aspek otentik diri (reputasi) maupun dengan unjuk kemampuan. Selanjutnya, exemplification menunjukkan sebagai sosok yang berintegritas dan bermoral sehingga layak untuk dijadikan panutan atau teladan. Supplication menampilkan sebagai sosok yang tidak berdaya dan lemah yang nantinya mengikat orang-orang, bisa merujuk pada do’a memohon petunjuk/perlindungan. Adapun taktik yang sering digunakan Dennis Lim adalah ingratiation, self promotion, dan exemplification karena cara tersebut merupakan komponen terbaik yang membuat dirinya menarik dan menjadi sosok yang berkompeten sebagai pendakwah. Sedangkan taktik lainnya, yaitu intimidation tidak terlihat sebab kesan ini kurang menarik dan berlawanan dengan tujuan dakwah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impression Management, Dakwah, TikTok |
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 05:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 05:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21698 |
Actions (login required)
View Item |