Putri, Wahyu (2024) Penerapan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Berbasis Blended Learning menggunakan Facebook Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik kelas X di MAN 1 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB I)
Wahyu Putri. NIM 2014080027 BAB 1.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (BAB 3)
Wahyu Putri. NIM 2014080027 BAB 3.pdf - Published Version Download (441kB) |
|
Text (BAB 5-DAPUS)
Wahyu Putri. NIM 2014080027 BAB 5.pdf - Published Version Download (291kB) |
|
Text (COVER-DAFTAR ISI)
Wahyu Putri. NIM 2014080027 COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (714kB) |
|
Text
Wahyu Putri. NIM 2014080027 FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep fisika dan keterampilan komunikasi peserta didik yang belajar dengan E-Modul berbasis MBL-FB kelas X Fase E MAN 1 Padang Pariaman.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperimental) dengan counteer balance design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah yaitu 255 peserta didik terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas X E1 dan X E2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes untuk pemahaman konsep dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik menjadi lebih baik menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB. Rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik di kelas X E1 pada materi pemanasan global menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB dengan rata-rata nilai 80,83 dan kelas X E2 75,56 menggunakan model PBL. sedangkan pada pada materi pencemaran lingkungan kelas X E1 menggunakan model PBL dengan rata-rata nilai 74,44 dan kelas X E2 80,28 menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB. Berdasarkan uji t: Two Sample Assuming Equal Variance didapatkan nilai thitung kedua kelas 2,96 lebih tinggi dari ttabel (1,97) dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil persentase keterampilan komunikasi menggunakan E-modul berbasis MBL-FB pada kelas X E1 (72,01%) dan pada kelas X E2 (72,22%) berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan E-Modul fisika berbasis blended learning terhadap keterampilan komunikasi peserta didik menjadi lebih baik pada pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Model Blended Learning, Facebook, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21693 |
Actions (login required)
View Item |