Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS (IPA & IPS) Kelas IV MIS Al Ikhwan Bukittinggi

Asra, Lailatul (2024) Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS (IPA & IPS) Kelas IV MIS Al Ikhwan Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V DAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover - Daftar Isi-2.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik menggunakan metode outdoor study dengan penggunaan metode ceramah dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPAS di MIS Al Ikhwan Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design, populasi ini adalah peserta didik kelas IV MIS Al Ikhwan Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Kelas IV Makkah sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Madinah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dengan treatment treatment uji t dan N-Gain menggunakan SPSS Versi 26.Berdasarkan hasil analisis uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS Versi 26, diperoleh Thitung = 3,755 dan Ttabel = 1,680. Dengan dasar keputusan Thitung > Ttabel, yaitu 3,755 > 1,680 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat diambil kesimpulan terdapat peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan metode outdoor study. Minat belajar peserta didik dengan penggunaan metode outdoor study terlihat lebih meningkat dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode outdoor study, Minat belajar
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:16
Last Modified: 28 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item