Penerapan Quick Response Code Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa SMAN 5 Bukittinggi

Zuraida, Puja Mayrulia (2024) Penerapan Quick Response Code Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI-1-15.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1)19-26.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III19-67.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB V-DAPUS100-105.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT PUJA MAYRULIA ZURAIDA)
SKRIPSI FULL TEXT Puja Mayrulia Zuraida(2011050001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Quick Response Code Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Siswa SMAN 5 Bukitting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Qr Code terhadap peningkatan kompetensi literasi digital siswa di lihat dari cakap bermedia,budaya bermedia, aman bermedia, dan etis bermedia. Tujuan dari penulisan ini ialah Untuk mendeskripsikan penerapan Qr Code terhadap peningkatan Kompetensi literasi digital siswa SMAN 5 Bukittinggi dilihat dari cakap bermedia digital. Untuk mendeskripsikan penerapan Qr Code terhadap peningkatan Kompetensi literasi digital siswa SMAN 5 Bukittinggi dilihat dari budaya bermedia digital. Untuk mendeskripsikan penerapan Qr Code terhadap peningkatan Kompetensi literasi digital siswa SMAN 5 Bukittinggi dilihat dari aman bermedia digital. Untuk mendeskripsikan penerapan Qr Code terhadap peningkatan Kompetensi literasi digital siswa SMAN 5 Bukittinggi dilihat dari etis bermedia digital. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan Penerapan Quick Response Code Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik sangat terbantu dengan adanya quick response code atau qr code, dimana dengan diterapkan qr code ini sehingga memudahkan peserta didik dalam menemukan dan mendapatkan sebuah informasi yang ingin mereka ketahui atau informasi yang mereka butuhkan, sehinga literasi digital dapat dilihat dari cakap bermedia digita, aman bermedia digital, budaya bermedia digital dan etis bermedia digital. Kesimpulan dengan demikian penerapan Quick Response Code di SMAN 5 Bukittinggi tidak hanya meningkatkan literasi digital peserta didik dalamhal pencarian informasi dan pengguna teknologi, tetapi juga membentuk sikap yang bertanggung jawab,aman dan etis dalam bermedia digital. Hal ini sesuai dengan kebutuhan masa depan, dimana teknologi digital semakin mendominasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi informasi,literasi digital,qr code,perpustakaan sekolah
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Komputer, Ilmu Informasi dan Karya Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:10
Last Modified: 29 Aug 2024 08:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item