Pengaruh Kontrol Perilaku, Sikap dan Norma Subjektif terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Melalui Intention sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Padang)

Putri, Aniwirma (2024) Pengaruh Kontrol Perilaku, Sikap dan Norma Subjektif terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Melalui Intention sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Aniwirma Putri. NIM 2016050038. COVER.pdf - Published Version

Download (661kB)
[img] Text (BAB I)
Aniwirma Putri. NIM 2016050038. BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB III)
Aniwirma Putri. NIM 2016050038. BAB III.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Aniwirma Putri. NIM 2016050038. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Aniwirma Putri. NIM 2016050038. Fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Bank Syariah hadir di Kota Padang menjadi nilai positif yang mana mayoritas masyarakat beragama Islam dan akan meningkatkan penggunaan Bank Syariah di kota ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol perilaku, sikap, norma subjektif terhadap keputusan mahasiswa menggunakan mobile banking Bank Syariah dengan intention sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa empat kampus di Kota Padang yaitu Universitas Imam Bonjol Padang, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, populasi dalam penelitian ini tidak diketahui dengan menggunakan rumus Lemeshow, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data metode SEM yang diolah menggunakan aplikasi software SmartPLS4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol perilaku berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan, sikap dan intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan, norma subjektif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kontrol perilaku dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention dalam memediasi dan norma subjektif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intention dalam memediasi. Untuk itu juga dengan intention sebagai variabel mediasi yang berpengaruh positif dan signifikan mempengaruhi kontrol perilaku dan sikap terhadap keputusan menggunakan, sedangkan intention sebagai variabel mediasi berpengaruh positif dan tidak signifikan mempengaruhi norma subjektif terhadap keputusan menggunakan. Terdapat hasil yang negatif dikarenakan pengambilan keputusan mahasiswa dalam menggunakan mobile banking dari Bank Syariah dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Untuk penelitian selanjutnya direkomendasikan menggunakan variabel kepercayaan dan ketersediaan fitur yang berkaitan dengan keputusan menggunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Perilaku, Sikap, Norma Subjektif, Intention, Keputusan Menggunakan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Sep 2024 09:36
Last Modified: 02 Sep 2024 09:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item