PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANJUNG BARU KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

yulia, fransiska (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TANJUNG BARU KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, abstrak dan persetujuan pembimbing)
1 abstrak, cover, persetujaun.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf - Supplemental Material

Download (401kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
file gabungan .pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Baru yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning 2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Baru yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada pembelajaran Konvensional.Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampelmaka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII1dan kelas kontrol adalah kelas VIII2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes akhir berupa soal essai.Data tes akhir yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-t setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning menunjukkan persentase 85,2% yang dikategorikan kepada motivasi belajar matematika baik. Setelah dilakukan analisis, skor rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,16 sedangkan kelas kontrol yaitu 70,83. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 1,821 dan ttabel = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%, sehingga thitung> ttabel. Hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, dan ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Motivasi,Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:41
Last Modified: 22 Nov 2018 01:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item