Penerapan Media Pembelajaran Papan Tancap Tepat Keberagaman (Pancaman) terhadap Peningkatan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Kota Pariaman

Zulmita, Ulfa (2024) Penerapan Media Pembelajaran Papan Tancap Tepat Keberagaman (Pancaman) terhadap Peningkatan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover - daftar isi ulfa 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ULFA ZULMITA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan literasi budaya dan kewargaan peserta didik dari beberapa indikator literasi budaya dan kewargaan hanya beberapa indikator yang terlihat di lapangan pada penelitian ini yaitu toleransi terhadap keberagaman dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan belum tersedianya media pembelajaran Pancaman di MIN 1 Kota Pariaman. Kemampuan literasi budaya dan kewargaan peserta didik yang rendah akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media papan tancap tepat keberagaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Papan Tancap Tepat Keberagaman (Pancaman) terhadap peningkatan literasi budaya dan kewargaan peserta didik pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di MIN 1 Kota Pariaman serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan sebelum diberikan perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberikan perlakuan (treatmen) pada saat posttest. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Exsperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Only Control Grup Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dengan populasi kelas IV.A dan kelas IV.B sebanyak 56 peserta didik dan pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel total sampling diperoleh sampel Kelas IV.A sebagai kelas Kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas Ekpserimen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan spss 20. Hasil penelitian ini adalah pertama pada pengolahan data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata 39,28% berada pada klasifikasi tinggi sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata 35,7% berada pada klasifikasi sedang, kedua uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal ( Uji liliefors > 0,05) dan uji homogen (sign 0.146 >0,05), ketiga hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan sebelum perlakuan (treatmen) dan sesudah perlakuan (treatmen) yaitu signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap peningkatan literasi budaya dan kewargaan di kelas IV MIN 1 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Literasi Budaya dan Kewargaan, PPKn
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:14
Last Modified: 28 Aug 2024 04:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21591

Actions (login required)

View Item View Item