Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas X IPA MA Al-Mukhlishin

Hasibuan, Zubaidah (2024) Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas X IPA MA Al-Mukhlishin. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover -Daftar Lampiran Zubaidah Hasibuan.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (Bab 1)
Zubaidah Hasibuan 2014080004 BAB I.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (Bab 3)
Zubaidah Hasibuan 2014080004 BAB III.pdf - Published Version

Download (774kB)
[img] Text (Bab V-Dapus)
Zubaidah Hasibuan 2014080004 BAB V-Dapus.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Fulltext Zubaidah Hasibuan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran fisika yaitu kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IPA MA Al-Mukhlishin Sibuhuan Sumatera Utara masih rendah terbukti dari nilai Kemampuan siswa dalam menjawab soal berpikir kritis masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh guru yang belum menemukan pendekatan yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa merasa bosan ketika belajar fisika di kelas. Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan yang digunakan adalah Randomized Posstets Only Control Grup Desiagn. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA. Populasi berjumlah 100 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian yang teripilih adalah kelas X IPA 1 kelas eksperimen dan X IPA 2 kelas kontrol di sekolah MA Al-Mukhlishin Sibuhuan Sumut. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan pendekatan STEM meningkat dibandingkan dengan pendekatan model konvensional. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran pada kelas eksperimen adalah 77,6% sedangkan nilai rata- rata kelas kontrol adalah 71,0%. Berdasarkan uji-t pada penelitian hasil t-Test : Two Sample Assuming Equale Variance berpikir kritis diperoleh nilai sebesar thitung 2,33 dan ttabel 1,65 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan pengambilan keputusan disimpulkan bahwa HI diterima dan H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEM lebih baik daripada pembelajaran menggunakan pendekatan Konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa fisika kelas X IPA MA Al-Mukhlishin Sibuhuan Sumut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Aug 2024 11:45
Last Modified: 31 Aug 2024 11:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21579

Actions (login required)

View Item View Item