Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward Pada Materi Fungsi

Utari Wulandari, Utari (2018) Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward Pada Materi Fungsi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
1. cover, persetujuann pemb dan abstrak ok.pdf - Published Version

Download (867kB)
[img] Text (BAB 1)
2.BAB 1.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text (BAB 2)
3.BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
4.BAB 3.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB 4)
5.BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text (BAB 5)
6.BAB V.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
FULL GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

UTARI WULANDARI NIM : 1314040730 Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward Pada Materi Fungsi” Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu penyebab rendahnya motivasi dan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu, siswa mengalami kesulitan mengaplikasikan konsep ke soal-soal yang diberikan guru sehingga tidak semua siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal dengan benar. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan ulangan harian matematika siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80. Usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check disertai Reward lebih tinggi dari motivasi siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check disertai Reward pada materi fungsi, lebih tinggi dari kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.5 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check disertai Reward, lebih tinggi dari pada motivasi siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dilihat dari uji hipotesis yaitu thitung (7.034) >ttabel (1.67). 2) Kemampuan penalaran matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check disertai Reward lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Terlihat dari perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 80,16 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 74,13. Setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh thitung > ttabel (1,867>1,67) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima dilihat dari uji hipotesis, diperoleh thitung > ttabel (1,867>1,67) denganαi=i0,05 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 19 Padang yang diajardenganmodel pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checkdisertai pemberian reward lebih tinggi dari yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:33
Last Modified: 22 Nov 2018 01:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item