Penerapan model RME

murfi, rezathul (2024) Penerapan model RME. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (532kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full taxt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (COVER-DAPUS)
caver rezathul murfi 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik dan peserta didik, seperti penggunaan model dalam pembelajaran belum maksimal sehingga kurangnya aktivitas peserta didik dalam pemecahan masalah, sehingga pemecahan masalah peserta didik belum terlatih secara maksimal. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran RME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan saat diterapkannya model RME terhadap pemecahan masalah peserta didik dengan tidak diterapkannya model pembelajaran RME. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, yaitu IV A, IV B, dan IV C SDN 02 Payakumbuh. Peneliti menggunakan sampel random sampling karena jumlah objek cenderung banyak. Kelas yang terpilih sebagai kelas untuk diteliti adalah kelas IV B sebagai kelas Kontrol dan IV C sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan t-Test: Two- Sample Assuming Equal Variances SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttes kelas eksperimen 78,51 dan kelas kontrol 71,89. Berdasarkan hasil output t-Test: Two- Sample Assuming Equal Variances diperoleh nilai thitung 9,92 > ttabel 1,66. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam t-Test: Two- Sample Assuming Equal Variances, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “terdapat perbedaan antara pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas IV SDN 02 Payakumbuh yang diajarkan dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan model pembelajaran langsung”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan,Model,Pemecahan Masalah
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:42
Last Modified: 27 Aug 2024 06:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item