Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Modal Intelektual Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022

Ziwo, Salfa Rahmadananta (2024) Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Modal Intelektual Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
cover - daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1-1.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3-1.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengungkapan modal intelektual suatu perusahaan dengan faktor – faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan sumber data sekunder. Objek penelitian merupakan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022 dengan populasi sebanyak 48 perusahaan dan memperoleh sampel sebanyak 47 perusahaan selama 3 tahun periode penelitian. Dimana penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi data panel yang diolah dengan software E-views 12. Hasil penelitian diperoleh bahwa leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual sehingga H1 ditolak. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual sehingga H2 diterima. Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual sehingga H3 ditolak. Untuk hasil keseluruhan variabel leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual sehingga H4 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pengungkapan Modal Intelektual
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Aug 2024 09:13
Last Modified: 29 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21525

Actions (login required)

View Item View Item