Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 3 MTsN 4 Tapanuli Selatan Sumatera Utara

Rambe, Annisya (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 3 MTsN 4 Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Skripsi thesis, UIN imam bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text (BAB V-dapus)
BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (FULL TEKS Annisya Rambe)
FULL TEKS Annisya Rambe.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I BARU.pdf

Download (280kB)

Abstract

Kurangnya rasa ingin tahu dari peserta didik terkait pembelajaran yang dipaparkan oleh pendidik, hal ini dibuktikan dengan minimnya partisivasi peserta didik dalam bertanya saat pembelajaran berlangsung, kurangnya minat internal peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, kurangnya strategi pembelajaran yang bervariasi dan kurang bersemangatnya peserta didik saat pembelajaran dibuktikan dengan sebagaian perserta didik ada yang mengantuk dan juga mengerjakan hal lain. Hal inilah yang melatar belakangi penulisan skripsi ini. Salah satu hal yang dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 3 MTsN 4 Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan jenis one group pre-test post-test yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelas saja yaitu kelas eksperimen dan disebarkan pre-test berupa angket sebelum perlakuan dan setelah itu dilakukan treatment dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing ditahap akhir disebar lagi post-test berupa angket akhir setelah perlakuan untuk mendapatkan data, jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 38 peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 3, dan penentuan sampel menggunakan Sensus/sampling total yaitu Teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua, karena populasi dibawah 100. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pre-test berupa angket minat belajar peserta didik dikelas VIII 3 yaitu 74,21 sedangkan rata-rata skor post-test berupa angket minat belajar peserta didik dikelas VIII 3 yaitu 89,26. Persentase ketuntasan peserta didik pada pre-test berupa angket awal yaitu 24%, sedangkan pada post-test berupa angket akhir 29%, hasil peningkatannya sebanyak 5%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 29 diperoleh nilai sig sebesar 0,000 maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh siginifikan penggunaan strategi Active Knowledge Sharing terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII 3 MTsN 4 Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Startegi active knowledge sharing, Minat Belajar Peserta didik, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:38
Last Modified: 27 Aug 2024 06:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item