Pelaksanaan Layanan Mediasi Dalam Penanganan Kasus Pemenuhan Hak Anak (PHA) Di UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Sumatera Barat

Yeni, Rona Rama (2024) Pelaksanaan Layanan Mediasi Dalam Penanganan Kasus Pemenuhan Hak Anak (PHA) Di UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
BAB V & Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text Skripsi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan ini dilakukan adalah karena adanya permasalahan yang penting berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan layanan mediasi dalam penanganan kasus pemenuhan hak anak di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah kasus yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak sebanyak 59 kasus dan mediasi yang terlaksana sebanyak 16 kasus dalam periode tahun 2022-2023. Berdasarkan permasalahan yang dimaksud tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan dan pelaksanaan layanan mediasi dalam penanganan kasus pemenuhan hak anak di UPTD PPA Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknis analisis datanya adalah dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 3 (tiga) orang yang terdiri dari Kepala UPTD PPA sebagai mediator, Kepala Kasi Pengaduan penanganan kasus awal dan bertindak sebagai mediator dan Kepala Kasi Tindak Lanjut sebagai penyedia fasulitas layanan. Teknik penetapan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tahap persiapan layanan mediasi dalam penanganan kasus pemenuhan hak anak di UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Sumatera Barat dimulai dengan mengetahui kondisi korban dengan memanggil atau menemui pihak pelapor dan terlapor secara sepihak. Selanjutnya memilih jalur penyelesaian yaitu ingin melakukan mediasi atau keinginan lainnya. Terakhir, pengambilan keputusan dengan membuat list-list keinginan dari masing-masing pihak yang dibantu oleh mediator untuk kepentingan pemenuhan hak anak. 2). Tahap pelaksanaan layanan mediasi dalam penanganan kasus pemenuhan hak anak di UPTD Perlindungan dan Anak Provinsi Sumatera Barat adalah dengan melakukan pertemuan yang melibatkan seluruh pihak yakni antara pihak pelapor, terlapor dan mediator serta pihak terkait lainnya, untuk menuangkan proses mediasi, membuat kesepakatan antara kedua belah pihak untuk disetujui bersama, melakukan tindak lanjut dan pengawasan, serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layananan Mediasi, Pemenuhan Hak Anak
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Hukum
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Hukum > Hukum Perlindungan Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:16
Last Modified: 27 Aug 2024 10:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item