Komunikasi Persuasif dalam Rekrutmen Calon Santri Penerima Beasiswa Hafizh Qur’an di Pondok Qur’an Minang Smart

Husni, Mufida Nur (2024) Komunikasi Persuasif dalam Rekrutmen Calon Santri Penerima Beasiswa Hafizh Qur’an di Pondok Qur’an Minang Smart. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. Cover-Daftar Isi)
Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. BAB I)
Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. BAB III)
Mufida Nur Husni. NIM 2012010023. BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Mufida Nur Husni. NIM 2012010023 BAB V dan Daftar Pustaka)
Mufida Nur Husni. NIM 2012010023 BAB V dan Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (25MB)
[img] Text (Mufida Nur Husni. NIM 2012001023. Fulltext)
Mufida Nur Husni. NIM 2012001023. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering terjadi kepada anak yang telah lulus sekolah tingkat SMA sederajat, yang merasa kebingungan ingin melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi namun terkendala oleh biaya. Untuk mengatasi hal tersebut Pondok Qur’an Minang Smart membuka pendaftaran dengan program beasiswa unggulan untuk anak SMA sederajat. Program beasiswa unggulan merupakan solusi bagi mereka yang ingin kuliah dengan syarat menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh ketua dan panitia penyelenggara penerima santri baru di Pondok Qur’an Minang Smart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melalukan observasi dan wawancara kepada pihak Pondok Qur’an Minang Smart. Pengambilan data dilakukan secara Purposive Sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan mengidentifikasi proes komunikasi yang digunakan oleh pihak Pondok Qur’an Minang Smart. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Qur’an Minang Smart dalam menggunakan komunikasi persuasif, ia melakukan komunikasi dalam rekrutmen terhadap calon santri, yang meliputi teknik asosiasi, teknik tataan, teknik integrasi, dan teknik penanaman. (1) Pada teknik asosiasi ditemukan bahwa pihak Pondok Qur’an Minang Smart mengaitkan pesan pada situasi saat ini dan mengajak seseorang yang berpengaruh besar untuk mempromosikan pendaftaran penerimaan santri baru, dan untuk menarik perhatian calon santri Pondok Qur’an Minang Smart menciptakan kesan positif yang berpotensi mengubah sikap, perilaku, dan reaksi calon santri. (2) teknik tataan yaitu dengan mempersiapkan terlebih dahulu pesan yang akan disampaikan, agar dapat meningkatkan motivasi bagi calon santri sebagai kelompok sasaran kegiatan tersebut, (3) teknik integrasi yaitu mengemas pesan dengan sebaik mungkin dengan menggunakan kata kita yang bertujuan agar komunikan merasa diperjuangkan dan merasakan sama dengan yang menyampaikan pesan, semata-mata bukan hanya demi kepentingan diri sendiri, tetapi juga tentang masa depan santri, dan (4) teknik penanaman yaitu dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh komunikan serta di dukung oleh alat sarana dan prasarana berupa brosur dan spanduk yang didalamnya terdapat gambar dan informasi persyaratan pendaftaran beserta gambaran umum dari Pondok Qur’an Minang Smart.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Rekrutmen, Pondok Qur'an Minang Smart.
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:21
Last Modified: 27 Aug 2024 10:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item View Item