Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan dan Kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi

Ferdiansyah, Bayu (2024) Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pendidikan dan Kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover - daftar isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah salah satu indikator kunci dalam mengukur kemajuan suatu negara atau wilayah, dalam konteks ini, pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan menjadi faktor yang berperan penting dalam membentuk Indeks Pembangunan Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Jambi dari tahun 2015-2021. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi dan website Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan RI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier data panel dengan pendekatan Random Effect Model dan diolah menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pengelolaan dana pendidikan dan kesehatan perlu dioptimalkan guna meningkatkan pembangunan manusia. Pemerintah perlu secara matang memikirkan bagaimana menggunakan dana tersebut secara efektif dan tepat sasaran. Alokasi anggaran yang tepat sasaran akan mendukung tercapainya peningkatan pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengeluaran di Sektor Pendidikan, Pengeluaran di Sektor Kesehatan, Indeks Pembangunan Manusia
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:12
Last Modified: 02 Sep 2024 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21466

Actions (login required)

View Item View Item