Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh

Sapitri, Nur Salma (2024) Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (962kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (726kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT NUR SALMA SAPITRI)
SKRIPSI FULL TEXT NUR SALMA SAPITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Nur Salma Sapitri NIM 2014010085, dengan judul skripsi “Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Strata Satu (S1) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa hasil belajar fikih peserta didik tergolong rendah. Terlihat rata-rata nilai Sumatif Aktif Semester (SAS) kelas VIII semester genap belum mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran dengan rata-rata 74,30 sedangkan KKTP mata pelajaran fikih adalah 78. Menurut parwati, dkk salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor eksternal, seperti faktor sekolah yang meliputi pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Jika pendekatan yang diterapkan sesuai dengan karakter atau keadaan peserta didik maka hasil belajar akan meningkat. Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yaitu pendekatan yang mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya. Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut agar peserta didik bisa bekerja dengan sesama kelompoknya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang berjumlah 350 orang peserta didik, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran soal pretest dan posttest dan dokumentasi hasil belajar fikih peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran fikih pada peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh pada kelas kontrol yang tidak menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL)berada pada klasifikasi rendah. Pada kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berada pada klasifikasi tinggi. Dari hasil uji t yang dilakukan didapatkan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 5,978>1,671 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Kata kunci : Teaching at The Right Level (TaRL), hasil belajar, fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching at The Right Level (TaRL), hasil belajar, fikih
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:05
Last Modified: 27 Aug 2024 03:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item View Item