Sartika, Sartika (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fikih Kelas XI di MAN Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER & DAFTAR ISI)
SARTIKA. NIM 2014010064 C0VER & DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
SARTIKA. NIM 2014010064 BAB I.pdf - Published Version Download (517kB) |
|
Text (BAB III)
SARTIKA NIM 2014010064 BAB III.pdf - Published Version Download (960kB) |
|
Text (BAB V & COVER)
SARTIKA. NIM 2014010064 BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SARTIKA. NIM 2014010064 SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik yang cendrung merasa bosan dalam belajar serta penerapan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dalam menyampaikan materi pada pembelajaran Fikih Kelas XI di MAN Kota Solok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw (2) bagaimana hasil belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw (3) bagaimana pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fikih kelas XI di MAN Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design yaitu desain penelitian yang melibatkan satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAN Kota Solok tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan untuk pengambilan sampel dilakukan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas XI IPK 2 sebagai kelas eksperimen Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 25, hasil belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw diperoleh rata-rata nilai 87,61 yang berada pada klasifikasi tinggi dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 79, sedangkan hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw diperoleh rata-rata nilai 73,66 yang berada pada klasifikasi cukup dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 59. Berdasarkan hasil analisis uji yang menggunakan SPSS versi 25, maka diperoleh sig < 0,005 yaitu 0,000 artinya 0,000<0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan THitung > Ttabel yaitu 6,131 > 2,040 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fikih di MAN KOota Solok diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci; Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar , Pembelajaran Fikih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran Fikih |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Lanjutan, Menengah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 25 Aug 2024 14:07 |
Last Modified: | 25 Aug 2024 14:07 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21436 |
Actions (login required)
View Item |