Trisno, Padma Ayu (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Ayat terhadap Penguasaan Hafalan Ayat Al-Qur'an pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas XI di MAN Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI PADMA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (847kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (723kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (457kB) |
|
Text (SKRIPSI FULLTEXT PADMA AYU TRISNO NIM 2014010005)
SKRIPSI FULLTEXT PADMA AYU TRISNO 2014010005 PAI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menghafal ayat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MAN Kota Solok adalah peserta didik yang kurang mampu dalam menghafal ayat karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajar tanpa dibantu dengan media pembelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran serta peserta didik lebih cenderung mendengarkan penjelasan dari pendidik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam menghafal yaitu dengan menggunakan media Card Sort Ayat. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui sejauh mana penguasaan hafalan ayat Al-Qur’an siswa terhadap hafalan ayatnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MAN Kota Solok meningkat setelah menggunakan media card sort ayat dalam belajar, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menghafal ayat Al-Qur’an dengan menggunakan media pembelajaran card sort ayat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MAN Kota Solok, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran card sort ayat terhadap penguasaan hafalan ayat Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MAN Kota Solok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian adalah quasi eksperimen (one group pretest-posttest design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MAN Kota Solok tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu teknik non-probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas kontrol adalah XI IPK 1 dan kelas eksperimen adalah XI IPK 2. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan hafalan ayat kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest 90,16 dan kelas kontrol memiliki rata-rata posttest 84,53. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 16 diperoleh nilai t hasil sebesar 7,06 pada taraf signifikansi 5% nilai t table sebesar 1,67 dengan derajat kebebasan 61. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hasil (7,06) lebih besar dari nilai t table (1,67) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Card Sort Ayat, Penguasaan Hafalan Ayat, Al-Qur’an Hadits
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Card Sort Ayat, Penguasaan Hafalan Ayat, Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Qiraat, Qiraah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 25 Aug 2024 14:00 |
Last Modified: | 25 Aug 2024 14:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21409 |
Actions (login required)
View Item |