Ambrina, Yassirli (2024) Analisis Review Joyful Learning di Tingkat SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (709kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (533kB) |
|
Text (FULL TEKS SKRIPSI)
YASSIRLI AMBRINA 2014070029.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya penelitian terdahulu yang membahas mengenai joyful learning di tingkat SD/MI dengan permasalahan pembelajaran di kelas yang monoton dan membosankan, juga pendidik yang menggunakan metode pembelajaran satu arah dan adanya joyful learning sebagai acuan pendidikan pada visi keilmuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Imam Bonjol Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis dan mereview joyful learning di tingkat SD/M. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data berasal dari jurnal-jurnal dan skripsi serta data yang mendukung terkait dengan joyful learning di tingkat SD/MI. Penelitian yang dilakukan terhadap 20 jurnal dan skripsi yang diambil dari tahun 2018-2023. Hasil penelitian dengan analisis joyful learning dalam pembelajaran di tingkat SD/MI, menunjukkan bahwa ditemukan adanya peningkatan jumlah publikasi joyful learning sebagai perhatian utama pada tahun 2023. Jenis penelitian yang paling banyak digunakan dalam meneliti joyful learning di tingkat SD/MI adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Desain pembelajaran yang sering digunakan dalam meneliti joyful learning adalah desain pembelajaran strategi dikarenakan metode atau prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Joyful learning dapat diterapkan pada semua mata pelajaran terutama mata pelajaran matematika, meskipun matematika merupakan pembelajaran yang dianggap sulit dan membosankan namun dengan penerapan joyful learning dapat menjadikan pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan efektif. Terkait dengan outcome dalam penelitian ini, penerapan joyful learning dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap variabel Y pada penelitian terdahulu terutama pada peningkatan hasil belajar peserta didik SD/MI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joyful Learning, Tingkat SD/MI |
Subjects: | Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 14:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 14:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21380 |
Actions (login required)
View Item |