Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 6 Pesisir Selatan

Putri, Salmiah (2024) Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 6 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (FULLTEXT SKRIPSI)
SKRIPSI SALMIAH PUTRI 2014070058 PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Peserta didik lebih cenderung menjawab sesuai dengan bacaan teks dari bukunya. Saat peserta didik diminta dalam memberikan alasan mengapa menjawab demikian, peserta didik tidak mampu menjabarkan dan menjelaskan dari jawaban yang dikatakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design, populasi ini adalah peserta didik kelas V MIN 6 Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Teknik analisis data dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan metode brainstorming pada pembelajaran IPA kelas V MIN 6 pesisir selatan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test 50,43 % dan rata-rata post-test 78,48 %. Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengetahui hipotesis post-test diterima atau ditolak, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya “Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan metode brainstorming pada pembelajaran IPA kelas V MIN 6 pesisir selatan”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode brainstorming, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 22 Aug 2024 14:50
Last Modified: 22 Aug 2024 14:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21379

Actions (login required)

View Item View Item