Aktivitas Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Lara Mailani, Rilma (2024) Aktivitas Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover lara mailani rilma.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB I)
Lara Mailani Rilma. NIm 1912020073. BAB 1 .pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
Lara Mailani Rilma. NIm 1912020073. BAB II.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Lara Mailani Rilma. NIm 1912020073. BAB V-Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Fulltext)
Lara Mailani Rilma 1912020073_Full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak terjadi perceraian di KUA Kecamatan Nanggalo. BP4 memiliki tugas untuk mencegah dan menyelesaikan terjadinnya perceraian dengan melihat aktivitas BP4 dalam perlestarian pernikahan di KUA Nanggalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui BP4 dalam memberikan nasehat dan penerangan mengenai nikah, talak, cerai dan rujuk. Upaya dalam mencegah dan menyelesaikan terjadinnya perceraian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskritif. Subjek penelitian ini adalah penghulu dan penyuluh di KUA Kecamatan Nanggalo. Teknik pengambilan informan melalui total sampling dengan jumlah sebanyak 6 informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Temuan penelitian adalah: (1). BP4 pemberian nasehat dalam penerangan mengenai nikah, talak dan rujuk. BP4 bertujuan memberikan nasehat baik itu nasehat pernikahan, talak, cerai dan rujuk. (2). BP4 mencegah terjadinya perceraian antara pasangan suami istri. Melakukan pencegahan terjadinnya perceraian yang dilakukan dengan cara mediasi antara dua bela pihak yang memiliki masalah dalam rumah tangga setelah dilakukannya mediasi penghulu menanyakan keduabelapihak terkait permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga. (3). BP4 memberi bantuan untuk mengatasi masalah dalam perkawinan. Penghulu memberikan membantu kepada seorang untuk mengatasi masalah dalam perkawinannya. Penghulu berikan arahan dan bimbingan agar bisa menyelesaikan masalah yang ada di dalam rumah tanggan agar tidak terjadinnya perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, BP4
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:52
Last Modified: 23 Aug 2024 05:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21366

Actions (login required)

View Item View Item