Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Kartu Huruf Berwarna untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 33 Kalumbuk Padang

Dewi, Sandra Rice (2024) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Kartu Huruf Berwarna untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 33 Kalumbuk Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover RICCE.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 RICCE.pdf - Published Version

Download (788kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 RICCE.pdf - Published Version

Download (905kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB 5 RICCE.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text (Full text)
FULL TEXT SKRIPSI RICCE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan yang dimaksud berupa peserta didik belum mengenal simbol huruf vokal dan konsonan, belum bias membedakan kata yang memiliki huruf yang sama, membedakan kata yang memiliki suku kata yang memiliki suku kata awal yang sama, dan menyusun suku kata menjadi sebuah kata peserta didik kelas 1 SD Negeri 33 Kalumbuk Padang, salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik adalah kurang sesuai metode dan media yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran untuk kemampuan membaca permulaan peserta didik. Solusi pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode SAS berbantuan kartu huruf berwarna pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD Negeri 33 Kalumbuk Padang, antara menggunakan metode SAS dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu yaitu peserta didik pada kelas 1A dan 1 B SD Negeri 33 Kalumbuk Padang. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik total sampling kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas 1 A dan kelas kontrol 1 B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan tes kemampuan membaca permulaan.Teknik analisis data yang didahului dengan uji persyaratan berupa uji hipotesis, uji homogeny, dan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (postest) kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas eksperimen yaitu 70 dan rata-rata tes akhir (pretest) kelas yaitu 54,5. Berdasrkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 di peroleh signifikan α dalam satu sisi (2-tailed) sebesar = 0,003 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan (0,003 < 0,05) maka H_a diterima dan H_o ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan peserta didik yang menggunakan metode SAS dengan menggunkan metode ceramah, kemampuam membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS lebih tinggi dibanding dengan menggunkan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:46
Last Modified: 22 Aug 2024 04:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item