Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index 70 Periode 2018-2022)

Rahmadani, Hildesia (2024) Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di Jakarta Islamic Index 70 Periode 2018-2022). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Hildesia Rahmadani. NIM 2016040027. Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Hildesia Rahmadani. NIM 2016040001. Bab 1.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
Hildesia Rahmadani. NIM 2016040001. Bab 3.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
Hildesia Rahmadani. NIM 2016040001. BAB 5.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Hildesia Rahmadani. NIM 2016040001. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index 70 (JII 70) tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan dibantu oleh software Eviews 12. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling dan didapatkan perusahaan memenuhi kriteria berjumlah 36 perusahaan selama 5 tahun periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting sehingga H1 diterima. Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting sehingga H2 ditolak. Variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting sehingga H3 diterima. Variabel moderasi ukuran perusahaan dapat memoderasi hubungan antara variabel profitabilitas terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting sehingga H4 diterima. Variabel moderasi ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting sehingga H5 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Islamic Social Reporting
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:06
Last Modified: 22 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item View Item