Rahma Hesty, Difany (2024) Potret Lembaga Tahsin Al-Qur’an; Analisis Penerapan Metode Musyafahah dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Lembaga Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an (LT2Q) Dar el Iman Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (BAB 5-Daftar Pustaka)
BAB 5-DAPUS.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tahsin al-Quran menggunakan metode musyafahah di Lembaga Tahsin dan Tahfiz al-Quran (LT2Q) Dar el Iman Padang. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahsin al-Quran menggunakan metode musyafahah di Lembaga Tahsin dan Tahfiz al-Quran (LT2Q) Dar el Iman Padang. (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran tahsin al-Quran menggunakan metode musyafahah di Lembaga Tahsin dan Tahfiz al-Quran (LT2Q) Dar el Iman Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Tahsin al-Qur’an dengan metode musyafahah di LT2Q Dar el Iman adalah melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap calon guru Tahsin agar bisa mengajarkan al-Qur’an sesuai dengan metode. (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahsin dengan menggunakan metode Musyafahah di LT2Q Dar el Iman yaitu pertama, guru membaca peserta didik melihat dan mendengarkan, kedua guru membaca peserta didik mengulang (talqin), ketiga peserta didik membaca bersama-sama, dan keempat masing-masing peserta didik membaca dan menyetorkan bacaan kepada guru. (3) Evaluasi pembelajaran Tahsin al-Quran di LT2Q Dar el Iman adalah guru mengecek kelancaran membaca al-Quran peserta didik satu persatu dan memberikan penilaian terhadap tajwidnya seperti makhorijul hurf, mad/panjang, ghunnah/dengung, qolqolah/pantulan, tafkhim/tebal dan tarqiq/tipis huruf dan kesalahan jalli dan khofi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Musyafahah, Tahsin al-Qur'an |
Subjects: | Tajuk Subjek > Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:48 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21335 |
Actions (login required)
View Item |