Pengembangan E-modul Fisika Terintegrasi Al-Qur'an dan STEM terhadap Literasi Sains Peserta Didik Madrasah Aliyah

Fitri, Afrilinda (2024) Pengembangan E-modul Fisika Terintegrasi Al-Qur'an dan STEM terhadap Literasi Sains Peserta Didik Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5- dapus.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (FULLTEXT)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi sains dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep ilmiah menjadi semakin krusial. Namun, kenyatan dilapangan menunjukkan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan harus mampu mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan teknologi informasi dan digital dalam pembelajaran. Pendidik harus menggunakan teknologi digital, salah satunya dengan mengembangkan e-modul. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-Modul Fisika Terintegrasi Al-Qur’an dan STEM terhadap literasi sains yang valid, praktis, dan efektif. Jenis Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu : penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan protipe (development of prototype phase) dan penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan uji efektivitas. Uji validitas produk terdiri dari 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas diberikan kepada pendidik Fisika di MAN 5 Agam dan 20 orang peserta didik Fase E2 MAN 5 Agam untuk melihat kepraktisan e-modul. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal tes literasi sains dengan aspek kompetensi, konten dan konteks kepada 20 orang Peserta didik MAN 5 Agam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa e-Modul Terintegrasi Al-Qur’an dan STEM sangat valid dengan skor rata-rata 86% dengan presentase uji kelayakan isi/materi sebesar 90%, kelayakan bahasa 92% dan kelayakan media 77%. Praktikalitas oleh pendidik 92% dan peserta didik 87% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan hasil rata-rata 86,5 % dari hasil tes soal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Modul fisika terintegrasi Al-Qur’an dan STEM terhadap literasi sains peserta didik sangat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Terintegrasi Al-Qur’an, STEM, Literasi Sains.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Ilmu Murni
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran Lainnya, Metode Pengajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:31
Last Modified: 20 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21334

Actions (login required)

View Item View Item