Gusri, Thahira Khairunnisa (2024) Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dengan Alienasi Pada Siswa MTsS Terpadu Dhuafa Nusantara Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (291kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (407kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (Thahira Khairunnisa Gusri_1915040153_Fulltext)
Thahira Khairunnisa Gusri_1915040153_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya siswa yang tidak bisa berinteraksi dengan baik dilingkungan sosial sekolahnya. Ketidakmampuan berinteraksi ini diindikasikan saat siswa hanya menghabiskan waktu istirahatnya sendirian, ia menarik diri dari teman-temannya karena ia seseorang yang pendiam dan kurang bisa untuk berinteraksi, fenomena ini disebut alienasi. Alienasi yaitu suatu kondisi perasaan seseorang yang terkucilkan dari lingkungan sosialnya. Perasaan terkucil akan menimbulkan emosi sedih, jika berlarut-larut terjadi akan dapat mengganggu kesehatan mental dan menurunnya produktifitas siswa tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian sosial dengan alienasi pada siswa MTsS Terpadu Dhuafa Nusantara Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data memakai dua skala yaitu skala penyesuaian sosial dan skala alienasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 79 siswa MTsS Terpadu Dhuafa Nusantara Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik sampling total dengan sampel sebanyak 79 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data korelasi pearson menghasilkan nilai koefisien variabel penyesuaian sosial dan alienasi yaitu sebesar -0.868 dengan signifikansi 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara variabel penyesuaian sosial dengan alienasi. Artinya, semakin tinggi penyesuaian sosial siswa maka semakin rendah alienasi pada siswa. Begitupun sebaliknya, apabila semakin rendah penyesuaian sosial siswa maka semakin tinggi alienasi pada siswa MTsS Terpadu Dhuafa Nusantara Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyesuaian Sosial, Alienasi |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Sosial > Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 08:14 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21333 |
Actions (login required)
View Item |