Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VII MTsN 3 Solok Selatan

Rahmatul Aulia, Aulia (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VII MTsN 3 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstrak)
COVER-Merged(1).pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
file gabungan-Merged(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Rahmatul Aulia, 1314080610, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Fisika peserta didik Kelas VII MTsN 3 Solok Selatan, Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Hal 1-78. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep fisika peserta didik. Proses pembelajaran yang dilakukan masih cenderung berlangsung satu arah. Peserta didik tidak mampu menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh. Peserta didik yang lebih pintar cenderung tidak mau berbagi pengetahuan yang dimiliki kepada peserta didik yang lain. Peserta didik kurang berani berpendapat maupun bertanya. Hal ini berdampak kepada rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep fisika yang terlihat pada hasil belajar fisika peserta didik kelas VII MTsN 3 Solok Selatan. Untuk itu, perlu diterapkan suatu model yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Implementasi model pembelajara kooperatif tipe Think Talk Write ini diharapkan menambah pemahaman konsep fisika peserta didik lebih baik dari sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 3 Solok Selatan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep menggunakan tes esai. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji kesamaan rata-rata satu arah melalui uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data memiliki varian yang homogen Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pemahaman konsep fisika peserta didik kelas eksperimen 79,30 dan kelas kontrol 72,28. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Berdasarkan analisis data hasil pemahaman konsep fisika diperoleh, thitung>ttabel = 3,459>1,669 Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang didapatkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada pemahaman konsep fisika peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII di MTsN 3 Solok Selatan”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2018 00:56
Last Modified: 23 Nov 2018 00:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item