Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V SDIT Juara Padang Panjang

Sari, Nilam (2024) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V SDIT Juara Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
PDF. COVER- DAFTAR ISI (PECAH) NILAM SARI 0035.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (BAB I)
PDF. BAB I (PECAH) NILAM SARI 0035.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB III)
PDF. BAB III (PECAH) NILAM SARI 0035.pdf

Download (487kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
PDF. BAB V- DAFTAR PUSTAKA (PECAH) (1).pdf

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi Full)
PDF. SKRIPSI FULL NILAM SARI 0035-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model creative problem solving (CPS) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V SDIT Juara Padang Panjang. Dengan demikian peserta didik mampu memahami dan memecahkan permasalahan secara kreatif sehingga dapat mengambil keputusan dengan tepat. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest- posttest control group design dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Analisis data melalui uji- t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 29 untuk mendapatkan peningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan model creative problem solving (CPS). Hasil uji hipotesis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria pengambil keputusan jika thitung > dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil thitung (2,030) > ttabel (2,009) artinya Ha diterima yang berbunyi, terdapat peningkatan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDIT Juara Padang Panjang. Rata rata hasil pre-test peserta didik pada kelas eksperimen 61,53 dan kelas kontrol 60. Sedangkan rata rata hasil post- test peserta didik pada kelas eksperimen 77,30 dan kelas kontrol 69,60. Terdapat peningkatan dari Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil output uji N-Gain memperoleh nilai 2,43 > 1. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan “Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDIT Juara Padang Panjang dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari pada pembelajaran konvensional”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Creative Problem Solving, Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:58
Last Modified: 16 Aug 2024 06:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21299

Actions (login required)

View Item View Item