GAYA DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 KOTA PARIAMAN

RENI ASDIANTI, RENI (2018) GAYA DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Gaya dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman” (Skripsi: 2018) yang disusun oleh Reni Asdianti, NIM 1314030376, mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan di lapangan bahwa peserta didik memiliki gaya belajar yang bervariasi, ada yang memiliki gaya belajar visual, ada yang memiliki gaya belajar auditori, ada yang memiliki gaya belajar kinestetik, namun umumnya pendidik hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dari variasi gaya belajar tersebut, bagaimana aktivitas belajar peserta didik di kelas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gaya dan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman . Agar penelitian ini lebih terfokus dan tidak mengambang maka yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Gaya belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman. (b) Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman. Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (a) Mengetahui gaya belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman. (b) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman yang berjumlah 212 orang dan yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling, sedangkan alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Peserta didik yang memiliki gaya belajar visual adalah sebanyak 19,05%, peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori adalah sebanyak 52,38%, peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik adalah sebanyak 28,57%. Jadi Dari data tersebut berarti sebagian kecil peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman memiliki gaya belajar visual, lebih dari setengah peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman memiliki gaya belajar auditori dan kurang dari setengah peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman memiliki gaya belajar kinestetik. (2) Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman dengan gaya belajar visual secara keseluruhan sudah dikategorikan baik, aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman dengan gaya belajar auditori secara keseluruhan sudah dikategorikan baik dan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman dengan gaya belajar kinestetik secara keseluruhan berada dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:22
Last Modified: 27 Apr 2018 07:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item