Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran PPKn Terhadap Sikap Gotong Royong Di SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok

Dahlia, Iis (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran PPKn Terhadap Sikap Gotong Royong Di SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (759kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (BAB V Dan Daftar Pustaka)
BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (Fulltext)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap gotong royong peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas V SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok, di antaranya pendidik masih menggunakan model pembelajaran contekstual, sehingga mengakibatkan kurangnya sikap gotong royong peserta didik pada materi Negaraku Indonesia. salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan sikap gotong royong peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap sikap gotong royong peserta didik di kelas V SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Postest Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dan uji t menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan sikap gotong royong peserta didik pada kelas eksperimen. bersadarkan hasil uji “t” yang dilakukan dengan bantuan SPSS 25 diperoleh nilai t_(hitung ) 6,901 > t_(tabel ) 2,012. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam t-Test: Indentpendent Sample Test, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “Terdapat perbedaan antara sikap gotong royong peserta didik kelas V SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PPKn dengan yang tidak menggunakan model kooperatif tipe jigsaw di kelas V SD 11 Koto Laweh Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gotong Royong, Model Kooperatif, PPKn
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru dan Aktivitas Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:51
Last Modified: 13 Aug 2024 00:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item