Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Financial Technology terhadap Kinerja UMKM Industri Halal di Kota Padang

Sumarni, Finda (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Financial Technology terhadap Kinerja UMKM Industri Halal di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DLL)
Finda Sumarni. NIM 2016030049. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Finda Sumarni. NIM 2016030049. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
Finda Sumarni. NIM 2016030049. BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB V - DAPUS)
Finda Sumarni. NIM 2016030049. BAB V.pdf

Download (478kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Finda Sumarni. NIM 2016030049. Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan sektor UMKM di Indonesia, terutama dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional, penyerapan tenaga kerja, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan, inklusi keuangan dan teknologi keuangan (fintech) mempengaruhi kinerja UMKM industri halal di Kota Padang, dalam meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan serta memperluas akses keuangan bagi UMKM, sehingga dapat meningkatkan kinerja UMKM industri halal di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM industri halal yang berlokasi di Kota Padang. Untuk menghitung jumlah sampel, penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan 174 pelaku UMKM industri halal. Teknik pengambilan sampel digunakan Non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang memiliki kriteria tertentu untuk memilih sampel. Analisis hipotesis dilakukan menggunakan model SmartPLS 4.1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, financial technology tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial Technology, Inklusi Keuangan, Kinerja UMKM, Literasi Keuangan
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:25
Last Modified: 12 Aug 2024 05:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item View Item