Pengaruh Islamic Financial Literacy dan Locus of Control Terhadap Financial Behavior Pada Generasi Z Pengguna E-Wallet di Kota Padang Dimediasi Oleh Financial Attitude

Halimah, Halimah (2024) Pengaruh Islamic Financial Literacy dan Locus of Control Terhadap Financial Behavior Pada Generasi Z Pengguna E-Wallet di Kota Padang Dimediasi Oleh Financial Attitude. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
SKRIPSI HALIMAH NIM. 2016030044 (Cover-Daftar Isi).pdf - Published Version

Download (922kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI HALIMAH NIM. 2016030044 (BAB I).pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI HALIMAH NIM. 2016030044 (BAB III).pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
SKRIPSI HALIMAH NIM. 2016030044 (BAB V-Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI HALIMAH NIM. 2016030044 (Fulltext).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang pada penelitian ini yaitu adanya suatu konsep keuangan instan ditandai dengan penggunaan e-wallet yang semakin meningkat dan populer di kalangan Generasi Z, yang membawa suatu masalah risiko finansial, karena kurangnya pemahaman terkait perilaku keuangan, hal ini bisa diperhatikan dari gaya hidup Generasi Z yang konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Islamic financial literacy dan locus of control terhadap financial behavior pada Generasi Z pengguna e-wallet di Kota Padang yang dimediasi oleh financial attitude. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z Pengguna e-wallet di Kota Padang yang sudah bekerja. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability dengan purposive sampling dan banyak sampel ditentukan melalui rumus Hair yaitu sebanyak 120 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji SEM-PLS pada software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian dari pengujian data menunjukkan bahwa Islamic financial literacy mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial behavior. Locus of control dan financial attitude mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap financial behavior. Islamic financial literacy dan locus of control mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap financial attitude. Kemudian, temuan ini juga menunjukkan bahwa financial attitude mampu memediasi Islamic financial literacy dan locus of control terhadap financial behavior. Oleh karena itu, perlunya peningkatan pengetahuan, pemahaman, pengalaman dan keterampilan terkait Islamic financial literacy dalam usaha meningkatkan financial behavior ke yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Financial Literacy, Locus of Control, Financial Behavior, Financial Attitude
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:28
Last Modified: 12 Aug 2024 06:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item