Penentuan Prioritas Kebutuhan Pengembangan Smart Campus UIN Imam Bonjol Padang : Sebuah Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP)

Fitria Gunawan, Refika (2023) Penentuan Prioritas Kebutuhan Pengembangan Smart Campus UIN Imam Bonjol Padang : Sebuah Pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Refika Fitria Gunawan_1917020030_Cover, dll - Refika Fitria Gunawan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Refika Fitria Gunawan_1917020030_Bab I - Refika Fitria Gunawan.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab II)
Refika Fitria Gunawan_1917020030_Bab II - Refika Fitria Gunawan.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Bab V)
Refika Fitria Gunawan_1917020030_Bab V-Daftar Pustaka - Refika Fitria Gunawan.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Full Text)
Refika Fitria Gunawan_1917020030_Fulltext - Refika Fitria Gunawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsep smart campus hal yang penting untuk dikembangkan dalam mendukung peningkatan daya saing dan efisiensi. Smart campus mulai banyak diterapkan salah satunya adalah UIN Imam Bonjol Padang. Universitas islam yang terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuannya dalam mengelola teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas kebutuhan pengembangan smart campus UIN Imam Bonjol Padang dengan menggunakan pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP). Pendekatan yang digunakan melibatkan 5 dimensi yaitu smart economy, smart environment, smart people, smart governance, dan smart technology. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan teknik analisis data menggunakan metode AHP. Sedangkan, sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang meliputi responden yang berasal dari civitas academica UIN Imam Bonjol Padang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan software Expert Choice versi 11 untuk menentukan prioritas kebutuhan pengembangan smart campus UIN Imam Bonjol Padang. Hasil dari penelitian adalah prioritas pertama untuk pengembangan smart campus UIN Imam Bonjol Padang adalah UIN Imam Bonjol harus memiliki konsep pelayanan yang cepat, mudah, dan transparan, berbasis teknologi (smart governance), dan prioritas terakhir adalah UIN Imam Bonjol harus bisa mengelola keuangan nya sendiri untuk dapat menghasilkan benefit (smart economy). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan smart campus UIN Imam Bonjol Padang. Kata Kunci : Smart Campus, AHP, Prioritas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Smart Campus, AHP, Prioritas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Lusi Ismail
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:53
Last Modified: 01 Jul 2024 07:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item