Analisis Dampak Pembebasan Lahan dari Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

Firmansyah, Fajri (2024) Analisis Dampak Pembebasan Lahan dari Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi Fajri F.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I Fajri F.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III Fajri F.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB 5 dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka Fajri F.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Fulltext Fajri F.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman antara sebelum dan sesudah pembebasan lahan dari pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera, diukur berdasarkan indikator kesejahteraan BPS 2017 dalam SUSENAS 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang ditentukan berjumlah 96 responden melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, dan dianalisis dengan uji beda Wilcoxon Signed Rank Test melalui aplikasi SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada 4 indikator dari 11 indikator kesejahteraan masyarakat antara sebelum dan sesudah pembebasan lahan dari pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera, diantaranya, 1) terdapat perbedaan pendapatan, pengeluaran konsumsi, keadaan tempat tinggal, dan fasilitas tempat tinggal antara sebelum dan sesudah pembebasan lahan, 2) tidak terdapat perbedaan kependudukan, ketenagakerjaan, kesehatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan, kemudahan memasukkan anak ke jenjang pendidikan, kemudahan mendapatkan transportasi, kehidupan beragama, serta rasa aman dari gangguan tindak kejahatan antara sebelum dan sesudah pembebasan lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Trans-Sumatera, Pembebasan Lahan, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Apr 2024 13:30
Last Modified: 02 Apr 2024 13:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item