Fernando, Tio (2024) Pengaruh Penggunaan Strategi Project Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
Tio Fernando. NIM 1714010093. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Tio Fernando. NIM 1714010093. BAB I.pdf - Published Version Download (517kB) |
|
Text (BAB III)
Tio Fernando. NIM 1714010093. BAB III.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Tio Fernando. NIM 1714010093. BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Tio Fernando. NIM 1714010093. Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang ada di SMP N 4 Padang yaitu guru masih cenderung menggunakan strategi pembelajaran konvensional, kurang inovatif dan kreatif, peserta didik cenderung pasif dan tidak mendengarkan penjelasan guru. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi project based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 4 Padang. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui gambaran penggunaan dan pengaruh strategi project based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 4 Padang Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Padang berjumlah 177 orang yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas Eksperimen adalah kelas VII.A dan kelas Kontrol adalah kelas VII.B. Hasil penelitian pertama, nilai pre-test kelas eksperimen memiliki rata-rata 75,6 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 75,47 . kedua hasil post-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 82,4 dan nilai post-test kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 80,8 . Ketiga yaitu pengaruh penggunaan strategi project based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII dilihat dari hasil uji hipotesis atau uji T dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikasi α dalam dua sisi ( 2-tailed ) sebesar = 0,003 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu ,dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran menggunakan strategi Project Based Learning berbantuan Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP N 4 Padang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh strategi, mind mapiing, hasil belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 12:56 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 12:56 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21169 |
Actions (login required)
View Item |