Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva untuk Membentuk Karakter Jujur Peserta Didik Kelas I di Ma'had Shahibul Quran

ANNA SHEHAH, FAKHDURATUN (2024) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva untuk Membentuk Karakter Jujur Peserta Didik Kelas I di Ma'had Shahibul Quran. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI FAKHDURATUN ANNA SHEHAH 1914070097)
FULL TEXT SKRIPSI Fakhduratun Anna Sehah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter jujur peserta didik diantara penyebabnya adalah kurang tersedianya media pembelajaran yang berkaitan dengan karakter jujur peserta didik. Peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran dan belum terlatih untuk menganalisis suatu permasalahan serta fakta yang ditemukan. Karena pendidik hanya menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk membentuk karakter jujur peserta didik kelas 1 Ma’had Shahibul Qur’an yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikas dan soal tes. Uji validasi media video animasi berbasis canva diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, media dan validator instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik di Ma’had Shahibul Qur’an Agam dari aspek efesien waktu, kemudahan penggunaan media, dan manfaat media video animasi berbasis canva. Uji efektifitas diberikan kepada 15 orang peserta didik di Ma’had Shahibul Qur’an Agam dinilai dari aspek kerakter jujur peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan media video animasi berbasis canva valid, praktis dan efektif dalam membentuk karakter jujur. Media video animasi berbasis canva dinyatakan valid dari segi bahasa, materi, dan media diperoleh dari rata-rata 95% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media video animasi berbasis canva oleh pendidik dan peserta didik diperoleh rata-rata 96,5% oleh pendidik dengan kategori sangat praktis dan 92% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media Media video animasi berbasis canva dilihat dari tes berupa Angket berdasarkan indikator karakter jujur diperoleh rata-rata 89% dengan kategori sangat efektif pada bab I6 materi Kejujuran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis canva untuk karakter jujur pada pembelajaran Aqidah kelas I materi Kejujuran dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif serta dapat meningkatkan karakter jujur peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:36
Last Modified: 01 Apr 2024 08:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item