Penerapan Strategi Genius Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Pulai

Ayu, Nurma Fitrah (2024) Penerapan Strategi Genius Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Pulai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover- daftar isi.pdf - Published Version

Download (997kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I fitrah nurma ayu 1814070069.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III fitrah nurma ayu 1814070069.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V fitrah nurma ayu 1814070069.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (SKRIPSI FUL)
skripsi full itah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Pulai masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan sekolah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep IPAS peserta didik, pembelajaran masih berpusat kepada guru, aktivitas yang pasif dari peserta didik, dan kurang bervarisiasinya strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat mengajar didalam kelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik adalah dengan penerapan strategi Genius Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 19 Pulai?”. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah materi yang diteliti dan hasil belajar IPAS dibatasi pada aspek kognitif. Tujuan penelitian adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 19 Pulai. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah dan memperkuat strategi dalam pemahaman peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pulai tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir belajar sebanyak 20 soal objektif untuk penilaian aspek kognitif. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata satu arah melalui uji t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar IPAS peserta didik di kelas eksperimen adalah 86,33 sedangkan pada kelas kontrol adalah 71,33. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil bahwa t hitung > ttabel yaitu (2,69>1.67) maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 19 Pulai. Hasil belajar Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi genius, hasil belajar, IPA
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:42
Last Modified: 01 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item