Pengaruh Penerapan Teknik Skimming terhadap Kemampuan Membaca Cepat Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 25 Lubuk Lintah Kota Padang

PADILAH, HANNI (2024) Pengaruh Penerapan Teknik Skimming terhadap Kemampuan Membaca Cepat Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 25 Lubuk Lintah Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI HANNI PADILAH 1914070058)
FULL TEXT SKRIPSI HANI PADILAH 1914070058.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca cepat pada peserta didik. Diantara penyebabnya adalah Pendidik kurang menerapkan teknik dalam membaca, pendidik juga tidak menentukan batasan waktu dalam membaca. sehingga peserta didik hanya sekedar membaca tanpa memperhatikan informasi yang ada pada bacaan tersebut. Kendala seperti ini menyebabkan peserta didik kurang memahami ide pokok pada bacaan, serta tidak dapat menjelaskan secara rinci isi cerita, dan tidak dapat menentukan kata kunci dalam cerita. Oleh karena itu perlu diterapkan teknik skimming dalam membaca cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknik skimming dalam membaca cepat peserta didik di kelas IV SD. Dengan demikian peserta didik mampu menemukan informasi secara cepat, mampu meningkatkan kemampuan pemahaman dalam membaca, serta menghemat waktu Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di SDN 25 Lubuk Lintah Kota Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik skimming dalam pembelajaran bahasa Indonesia sudah memenuhi kriteria berdistribusi normal. Dikatakan berdistribusi normal jika signifikasi < 0,05 maka nilai residual berdistribusi normal yaitu 0,00 artinya 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 di tolak. dan jika T hitung > T tabel yaitu 2,418 > 2,069 artinya Ha mengatakan terdapat pengaruh penerapan teknik skimming dalam membaca cepat dan H0 ditolak. Hasil distribusi normal yang diperoleh terdapat peningkatan nilai pretest 0,029 posttest 0,072. Selain itu terdapat kenaikan skor rata-rata pada hasil tes kecepatan membaca yaitu nilai pretest 76,4 nilai posttest 81,2 Penelitian ini hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima, berarti pada penelitian ini terdapat pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca cepat peserta didik pada pembelajaran bahasa indoensia di kelas IV SDN 25 Lubuk Lintah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:27
Last Modified: 01 Apr 2024 07:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item View Item