Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi

Wahyuni, Sri (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi Sri Wahyuni 2014070033)
Cover - Daftar Isi SRI WAHYUNI 2014070033.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Sri Wahyuni 2014070033)
BAB I SRI WAHYUNI 2014070033.pdf - Published Version

Download (583kB)
[img] Text (BAB III Sri Wahyuni 2014070033)
BAB III SRI WAHYUNI 2014070033.pdf - Published Version

Download (793kB)
[img] Text (BAB V Sri Wahyuni 2014070033)
BAB V - Daftar Pustaka SRI WAHYUNI 2014070033.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (Skripsi Full Text Sri Wahyuni 2014070033)
SKRIPSI SRI WAHYUNI NIM 2014070033.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi, yaitu salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang belum dapat mengaktifkan dan melibatkan langsung peserta didik, pendidik lebih sering menggunakan model pembelajaran yang kurang mengaktifkan dan membangun keterampilan dasar peserta didik, dimana dalam pembelajarannya didominasi oleh kegiatan pendidik (teacher centered learning). Selain itu, sistem penilaian yang masih berfokus pada aspek kognitif dan kurang maksimal dalam penilaian terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, perlu diterapkannya Model Problem Based Learning terintegrasi penilaian autentik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam Pembelajaran IPAS kelas V di SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan menggunakan Model Problem Based Learning terintegrasi penilaian autentik dengan Model Ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest kontrol group desain. Populasi penelitian adalah kelas V SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tes tertulis untuk aspek kognitif, observasi untuk aspek afektif, dan penilaian produk untuk aspek psikomotorik. Data yang diambil kemudian diuji dengan menggunakan t-Test: Two-Sampel Assuming Equal Variances. Hasil penelitian menunjukkan Model PBL terintegrasi penilaian autentik memberikan hasil yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik dengan rata-rata nilai 88,91. Sementara pembelajaran ekspositori memperoleh nilai rata-rata 79,59. Nilai rata-rata pada aspek pengetahuan peserta didik dengan menggunakan Model PBL terintegrasi Penilaian Autentik adalah 87. Sementara pembelajaran Ekspositori adalah 74. Diperoleh hasil uji-t yaitu nilai sig. (2- tailed) 0,0001 sehingga nilai sig. < 0,05 dan nilai t_hitung 3,91 > t_tabel 1,68, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sementara untuk nilai rata-rata dari hasil observasi peserta didik dengan menggunakan Model PBL terintegrasi Penilaian Autentik adalah 91,87. Sementara pembelajaran Ekspositori adalah 85,31. Diperoleh hasil uji-t yaitu nilai sig. (2- tailed) 0,0318 sehingga nilai sig. < 0,05 dan nilai t_hitung 1,91 > t_tabel 1,68, maka Ha diterima, maka H0 ditolak. Kemudian untuk nilai rata-rata keterampilan peserta didik dengan menggunakan Model PBL terintegrasi Penilaian Autentik adalah 87,87. Sementara pembelajaran Ekspositori adalah 82,47. Diperoleh hasil uji-t yaitu nilai sig. (2- tailed) 0,0003 sehingga nilai sig. < 0,05 dan nilai t_hitung 3,673 > t_tabel 1,685, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dikatakan bahwa model PBL terintegrasi penilaian autentik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis yang lebih baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Penilaian Autentik, Berfikir Kritis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:18
Last Modified: 01 Apr 2024 04:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21113

Actions (login required)

View Item View Item