Novita, Mesy (2024) Pengelolaan Kelas Homogen Berdasarkan Jenis Kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
Mesy Novita. NIM 1714010096. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
Mesy Novita. NIM 1714010096. BAB I.pdf - Published Version Download (555kB) |
|
Text (BAB III)
Mesy Novita. NIM 1714010096. BAB III.pdf - Published Version Download (392kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR KEPUSTAKAAN)
Mesy Novita. NIM 1714010096. BAB V dan Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version Download (389kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Mesy Novita. NIM 1714010096. Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi, telah diterapkannya kelas homogen berdasarkan jenis kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman, yang mana biasanya diterapkan pada pondok-pondok pesantren dan jarang sekali diterapkan di sekolah atau madrasah negeri. Oleh karena itu penulis ingin meneliti pengelolaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin yang telah diterapkan di MTsN 2 Padang Pariaman. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pertama perencanaan pengelolaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman. Kedua, pelaksanaan pengelolaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman. Ketiga, evaluasi pengelolaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, dan peserta didik MTsN 2 Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, pertama belum ada perencanaan tertulis dan sistematis yang menjelaskan tentang kelas homogen berdasarkan jenis kelamin. Kedua, pelaksanaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin di MTsN 2 Padang Pariaman ini dilaksanakan pada setiap kelas dimulai dari kelas VII sampai kelas IX. Pelaksanaan kelas homogen berdasarkan jenis kelamin ini dilaksanakan pada kegiatan PBM setiap hari dan kegiatan-kegiatan lain yang memungkinkan untuk diterapkan kelas homgen ini. Ketiga, evaluasi kelas homogen berdasarkan jenis kelamin dilaksanakan setiap bulannya berdasarkan daftar piket siswa yang cabut, siswa yang nakal, siswa-siswa yang tidak masuk dicatat semuanya, diperbaiki. Untuk mengetahui siswa-siswa yang cabut dan tidak masuk tersebut melalui absen yang diambil dikelas setiap harinya dan pada akhir bulan direkap oleh BK untuk melihat siswa-siswa yang cabut dan absen tersebut. Untuk siswa yang cabut di proses oleh guru yang mengajar pada jam tersebut, lalu ditangani oleh wali kelas dan ditindak lanjuti oleh guru BK. Kata Kunci: Pengelolaan, Pengelolaan Kelas, Kelas Homogen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pengelolaan Kelas, Kelas Homogen |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 04:19 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 04:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21110 |
Actions (login required)
View Item |