PENGEMBANGAN MEDIA PANCAKAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI

AZZAHRA, FATIMA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PANCAKAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (cover dll)
Fatima Azzahra cover-daftar isi (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-daftar pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (full text)
FULL TEXT SKRIPSI FATIMA AZZAHRA 1914070090.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar. Diantara penyebab rendahnya berpikir kritis itu adalah media yang digunakan selama ini oleh guru kurang mampu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dari itu penulis perlu mengembangkan suatu media Pancakar yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yang aktif dan melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media berupa Pancakar terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV SD/MI yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, namun pada penelitian ini penulis hanya menggunakan 3 tahap pengembangan, yaitu: (1) pendefenisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas dan tes efektivitas berupa soal. Uji validasi media pembelajaran Pancakar diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, dan media. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik di SDN 11 Ampang dari aspek efesien waktu, kemudahan penggunaan media, dan manfaat media pembelajaran Pancakar. Uji efektivitas diberikan kepada 15 orang peserta didik di SDN 11 Ampang dinilai dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pancakar pada bab 17 “Pecahan” sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validitas yang diperoleh dari aspek bahasa, materi, dan media memperoleh rata-rata validitas sebesar 89% dengan kategori valid, sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rat-rata praktikalitas sebesar 93,5% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji efektivitas yang dilakukan kepada 15 orang peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 80% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Pancakar dikategorikan valid, sangat praktis dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 07:01
Last Modified: 21 May 2024 07:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item