Teknik Pengembangan Kualitas Pegawai Tata Usaha Oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Solok

Khairi, Hudal (2024) Teknik Pengembangan Kualitas Pegawai Tata Usaha Oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - Daftar Isi)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Full Text)
FULL SKRIPSI Hudal Khairi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya beberapa permasalahan seperti kurang cepat dan sigapnya pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, dan tidak efektif dalam meningkatkan pelayanan, sehingga banyak pelanggan yang kurang puas dan memberikan kesan yang tidak baik. Salah satunya ialah ketidakramahan, merasa acuh tak acuh, dan bahkan masih ada yang berkata-kata dengan nada tinggi kepada pelanggan. sehingga memberikan rasa ketidaknyamanan terhadap pengguna layanan lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kualitas dari pegawai tata usaha di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Solok. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengembangan kualitas pegawai tata usaha menggunakan beberapa metode. Pertama metode latihan dalam pengembangan kualitas pegawai tata usaha dapat disimpulkan bahwa pelatihan untuk pegawai tata usaha disini ada yang dari dalam sekolah dan ada juga dari luar sekolah. Upaya yang dilakukan disekolah biasanya diberikan pengarahan dan pembinaan yang terkait dengan pekerjaan. Kalau dari luar sekolah biasanya mengikuti kegiatan seperti workshop, seminar dan lain sebagainya. Kedua metode pendidikan dalam pengembangan kualitas pegawai tata usaha dapat disimpulkan bahwa pendidikan untuk pegawai tata usaha itu biasanya kalau dari dalam sekolah jarang sekali diadakan atau bisa dikatakan tidak ada. Akan tetapi kalau pegawai ingin melanjutkan pendidikan itu biasanya diluar sekolah seperti melanjutkan kuliah lagi. Ketiga metode observasi dalam pengembangan kualitas pegawai tata usaha dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pengamatan dari semua informan bahwa untuk saat sekarang ini ketatausahaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Solok ini sudah berjalan dengan baik, Akan tetapi mungkin ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki lagi untuk kedepannya. Keempat metode penemuan dalam pengembangan kualitas pegawai tata usaha dapat disimpulkan bahwa untuk lingkungan sekolah khususnya ruang lingkup ketatausahaan untuk penemuan-penemuan baru mungkin agak sulit ditemukan. Karena semua pegawai bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dan juga pekerjaan yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur yang dibutuhkan sekolah. Oleh sebab itu kecil kemungkinan untuk ditemukannya hal-hal yang baru dilingkungan sekolah khususnya dibagian ketatausahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengembangan Kualitas Pegawai Tata Usaha Oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Solok
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:50
Last Modified: 31 Mar 2024 01:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21039

Actions (login required)

View Item View Item