PERAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH (DI NAGARI SIMALIDU KECAMATAN KOTO SALAK, KABUPATEN DHARMASRAYA)

Hafis, Al (2024) PERAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH (DI NAGARI SIMALIDU KECAMATAN KOTO SALAK, KABUPATEN DHARMASRAYA). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Cover, Abstrak dan Pengesahan Al Hafis.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I Al Hafis .pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III Al Hafis .pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V-Daftar Pustaka Al Hafis.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi Al Hafis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bantuan langsung tunai (BLT) bagi kesejahteraan masyarakat dalam perspektif maqashid syari’ah ( di nagari Simalidu Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya). Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu ada data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh secara langsung melalui wawancara,kepada informan yaitu aparat desa dan masyarakat penerima bantuan lansung tunai di nagari Simalidu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Peran BLT di Nagari Simalidu Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya dalam Perspektif Islam yaitu maqashid syari’ah dapat dikatakan program pemerintah yang sudah berperan berdasarkan perspektif islam berdasarkan teori maqashid syariah adanya bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat atau memberikan kemaslahatan untuk penjagaan maqashid syariah pada tingkatan dharuriyah, dan telah sesuai dengan tujuan prinsip islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Lansung Tunai (BLT) Kesejahteraan Masyarakat, Maqashid Syariah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 31 Mar 2024 15:31
Last Modified: 31 Mar 2024 15:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21038

Actions (login required)

View Item View Item