Pengaruh Strategi Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman

Andriani, Anisa (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman pada tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil merupakan hal yang melatar belakangi penulisan penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan dalam penulisan penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 2 Kota Pariaman pada tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.3 dan kelas kontrol adalah VIII.2. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen diperoleh rata-rata 84,13 dan kelas kontrol 79,38 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 100, sedangkan nilai terendah kelas eksperimen 64 dan kelas kontrol 56. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 91%, sedangkan persentase ketuntasan kelas kontrol 66%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan a dalam dua arah atau signifikan (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti Ho yang berbunyi tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran Word Square ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan strategi pembelajaran Word Square dibandingkan dengan strategi konvensional pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Akidah & Ilmu Kalam
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:45
Last Modified: 31 Mar 2024 01:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/21003

Actions (login required)

View Item View Item